Sejarah

Slide2

Sejarah Sekolah Dasar Negeri Sawitan dimulai pada tahun 1962, dengan didirikanya sekolah dasar di Kelurahan Sawitan. Saat itu kegiatan sekolah masih menumpang di pendopo rumah Bapak  Lurah  dan Bapak Kamituo Sawitan. Pada tahun 1968, pemerintah membangun gedung sekolah di lokasi yang sekarang dijadikan rumah dinas bupati Magelang. Gedung sekolah tersebut pada awalnya hanya berupa 6 ruang kelas tanpa ruang pendukung lainya. Kemudian pada tahun 1970 pemerintah membangun sarana tambahan berupa 2 unit gedung untuk ruang guru dan UKS.

Pada tahun 1977 kesadaran masyarakat untuk mendapatkan pendidikan mulai meningkat, sehingga membuat SD Negeri Sawitan tidak cukup untuk menampung peserta didik yang ada di wilayah Sawitan. Untuk mengatasi hal tersebut maka pemerintah membangun SD Inpres. SD Inpres tersebut berlokasi di Lingkungan Patran, kurang lebih berjarak 2 kilometer dari SD Negeri Sawitan. Sejak saat itu di Kelurahan Sawitan terdapat 2 sekolah dasar, yaitu sekolah SDN Sawitan dan SD Inpres.

IMG_20150119_095101e

Tahun 1984, pemerintah mengambil kebijakan untuk memindahkan SDN Sawitan ke Patran berdampingan dengan SD Inpres. Kemudian pada tahun 2002, pemerintah menggabungkan SD Negeri Sawitan I dan SD Negeri Sawitan II menjadi satu manajemen dan disebut dengan SD Negeri Sawitan. Pada Tahun 2016 SD Negeri Sawitan ditunjuk sebagai salah sati sekolah dasar unggulan di Kabupaten Magelang  dan mendapatkan berbagai fasilitas peningkatan sumber daya dan sarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.

GEDUNG SD DEPAN 3